Minggu, 19 Maret 2017



CARA MEMBUAT MIKA SOUVENIR UKURAN KECIL

Siapkan bahan-bahannya:

1. Kertas/karton apa saja yang agak tebal supaya kotaknya keliatan rapih dan ga gampang penyak-penyok. Disarankan untuk tidak menggunakan kertas 80 atau 90 gram.

2. Double Tape. Untuk menghemat penggunaan, gunakan double tape dengan lebar 0,5 cm.

3. Pita organdi. Untuk pita sesuai selera mau pita kain atau kertas. Agar serasi sama kotaknya sesuaikan warna pita dengan kertas untuk membuat kotak. Dan sesuaikan juga dengan lebar kotak, karna disini membuat kotak ukuran kecil, maka yang dipake adalah pita dengan lebar kecil juga yaitu 0,5 cm.

4. Gunting. Tentunya untuk memotong doong :)

5. Plastik mika transparan. Biasanya gampang dicari di toko buku. Suka dipake anak-anak sekolah dan kuliahan buat bikin cover makalah, proposal dll... pasti tau deh kalo udah pernah sekolah. .hehe...Untuk kotak kecil cukup menggunakan plastik mika yang paling tipis. Tapi kalo untuk kotak yang agak besar bisa menggunakan plastik mika agak tebal. Tujuannya sama kaya kotak kertas tadi, biar ga penyak-penyok.

6. Ikuti pola di bawah :)

Keterangan:
Garis Lurus = untuk dipotong
Garis-garis  = untuk dilipat

 Pola untuk kotak kertas/karton bagian bawah


Pola kotak mika bagian penutup/atas


Untuk ukuran kotak bisa menyesuaikan saja, tergantung pajang dan lebar benda yang akan dimasukkan di dalam kotak serta tergantung tinggi benda. Untuk ukuran plastik mika sebaiknya dikurangi beberapa milimeter, agar saat kotak plastik mika dimasukkan ke kotak kertas bisa pas.

7. Kalo sudah punya pola dan sudah menggunting serta melipat pola... tempelkan double tape seperti gambar di bawah (warna abu-abu). 


8. Bentuk kotak kertas/karton sesuai dengan pola. Satukan bidang yang ditunjuk dengan warna merah. Lalu rekatkan double tape di bidang yang ditunjuk dengan warna ungu. Sehingga terbentuk kotak.


9. Masukkan kotak plastik mika ke dalam kotak kertas . sebelumnya tempel double tape di bagian dalam kotak kertas. Tempelkan dengan hati-hati hingga seluruh kotak plastik mika pas benar masuk di dalam kotak kertas. Lalu tambahkan pita sebagai aksesoris. Jadi tambah cantik deh kotaknya :)

10. Biar lebih jelas liat gambar di bawah yah....























Sumber: http://papervie.blogspot.co.id/2014/02/membuat-kotak-mika-ukuran-kecil.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar