Rabu, 03 Mei 2017

Cara Membuat Jenang Jagung




Jagung merupakan tanam hasil bumi yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan seperti dapat melancarkan pencernaan, kaya akan asam folat yang bagus bagi kesehatan ibu hamil untuk mengurangi resiko bayi terlahir cacat, mengandung karotenoid yang dapat mengurangi resiko kerusakan pada mata di usia senja juga menyehatkan jantung, kaya akan vitamin, mineral dan kalori, mencegah anemia dan gula darah berlebih, melawan kanker dan juga baik untuk kulit.
Advertisement
Selain itu jagung juga mengandung sumber karbohidrat dan seringkali dikonsumsi oleh masyarakat sebagai olahan masakan ataupun bahan dasar kue. Salah satunya adalah jenang jagung, olaha kue dari bahan dasar jagung dengan campuran santan, agar-agar, vanila, gula pasir, garam dan maizena ini adalah salah satu dari banyaknya jenis kue yang ada di Indonesia. Kue jenang jagung juga merupakan kue tradisional asli nusantara yang sering disajikan sebagai kue cemilan keluarga, suguhan tamu atau juga suguhan acara formal atau non formal.
Rasa kue jenang jagung memiliki ciri khas manis yang ditimbulkan dari rasa alami jagung juga taburan gula pasir. Namun sayangnya keberadaan kue jenang jagung di beberapa daerah sudah mulai jarang ditemui, hal ini karena mulai berkurangnya pembuat dan penjual kue tradisional dari olahan jagung ini.
Sebenarnya proses pembuatan kue jenang jagung tidak begitu sulit, anda yang mulai merindukan panganan yang satu ini juga bisa membuatnya sendiri di rumah. Resep membuat jenang jagungdi bawah ini akan menuntun anda bagaimana cara menyajikan kembali kue jenang jagung dengan kreasi anda sendiri. Simak sajian selengkapnya berikut ini.
jenang jagung
Bahan-bahan
  • Jagung manis 4-5 bh
  • Agar-agar putih 1 bks
  • Santan 800 ml
  • Vanili ½ sdt
  • Gula pasir 250 gr
  • Garam secukupnya
  • Maizena secukupnya
Cara penyajian
  1. Kupas kulit jagung dan bersihkan dari bulu-bulunya. Kemudian pipil dan bleder sampai halus.
  2. Campurkan agar-gar dengan santan
  3. kumpulkan semua bahan dalam satu wadah lalu masak sampai mengental.
  4. Setelah itu, cetak sesuai selera. Dinginkan lalu potong-potong dan kemas dengan menggunakan plastik.









Sumber: http://resepcaramasak.com/cara-membuat-kue-jenang-jagung-tradisional/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar